Etika Profesi Akuntansi Internasional Hal. 81 – 83 (terjemahan)

Nama : Arif Ruiyat

NPM : 21210083

Kelas : 4eb15

 

Penilaian bukan merupakan subjek pemeriksaan eksternal dan berpengaruh secara material terhadap financial statement. Keberadaan dan tingkat signifikansi setiap threat yang ada tergantung pada faktor-faktor berikut, seperti :

  • Luasnya metodologi penilaian harus bersandar pada aturan atau hukum pajak yang berlaku, aturan-aturan lain yang sudah ditetapkan, serta tingkat subjektifitas yang melekat dalam melakukan penilaian.
  • Reliabilitas dan banyaknya data yang dikumpulkan

Setiap threat yang ada perlu dievaluasi  dan perlindungan perlu diterapkan guna mengurangi threat sampai pada tingkat yang dapat diterima. Contoh usaha perlindungan tersebut diantaranya :

  • Memanfaatkan jasa professional yang bukan merupakan bagian dari tim audit dalam melakukan evaluasi, atau
  • Memiliki hasil pemeriksaan professional atau hasil jasa pajak
  • Memperoleh saran dari otoritas perpajakan

Membantu Dalam Pemecahan Masalah Perpajakan

290.192 Pembelaan atau self-review dapat dilakukan apabila firma mewakili klien dalam pemecahan masalah perpajakan segera setelah  otoritas pajak memberitahu klien bahwa mereka menolak argumen klien dimana baik otoritas pajak ataupun klien mengajukan persoalan tersebut  sebagai laporan resmi ke pengadilan. Keberadaan dan tingkat signifikansi setiap threat yang ada tergantung pada faktor-faktor berikut, seperti :

  • Apakah firma sudah memberikan saran terkait masalah perselisihan pajak yang terjadi .
  • Perselisihan pajak akan berdampak material terhadap laporan keuangan yang mana firma akan memberikan opini terhadapnya.
  • Persoalan yang diajukan harus disokong oleh fakta hukum dan aturan pajak.
  • Manajemen ikut serta dalam pemecahan masalah yang diperselisihkan.

 Setiap threat yang ada perlu dievaluasi  dan usaha perlindungan perlu diterapkan guna mengurangi threat sampai pada tingkat yang dapat diterima. Contoh usaha perlindungan tersebut diantaranya :

  • Memanfaatkan jasa professional yang bukan merupakan bagian dari tim audit dalam melakukan evaluasi, atau
  • Memiliki hasil pemeriksaan professional atau hasil jasa pajak
  • Memperoleh saran dari otoritas perpajakan

 

290.193 Dalam layanan perpajakan firma bertindak sebagai advokat untuk klien sebelum perkara dilimpahkan ke pengadilan publik dalam upayanya untuk menyelesaikan persoalan perpajakan. Jumlah yang terkait  harus material terhadap laporan keuangan  yang mana firma akan memberikan opini terhadapnya. Pembelaan yang dilakukan harus signifikan sehingga tidak ada usaha perlindungan yang bisa menghilangkan atau mengurangi threat sampai pada tingkat yang dapat diterima. Karena itu, firma tidak diperkenankan untuk melakukan jasa jenis ini pada klien. Arti “pengadilan public” harus didefinisikan berdasarkan bagaimana proses perpajakan diperiksa dalam yurisdiksi khusus.

290.194 Firma , bagaimanapun, tidak dilarang untuk tetap berperan sebagai penasihat (misalnya, menanggapi permintaan informasi tertentu,  menyediakan catatan factual atau kesaksian mengenai  pelaksanaan kerja atau membantu klien dalam menganalisis masalah pajak) bagi klien berkaitan dengan persoalan tertentu yang sedang diperiksa sebelum pengadilan public.

Jasa Audit Internal

Ketentuan Umum

290.195 Bidang dan tujuan audit internal banyak jenisnya serta tergantung pada besar dan struktur perusahaan serta keperluan manajemen dan hal-hal lain yang terkait pengelolaan perusahaan.Aktifitas internal audit diantaranya :

  • Memantau pengendalian internal- memeriksa pengendalian perusahaan, memantau aktifitas operasional, dan mermberikan rekomendasi  perbaikan aktifitas dan operasional perusahaan,
  • Menguji informasi operasional  dan keuangan perusahaan- memeriksa cara yang digunakan untuk mengidentifikasi, mengukur, mengklasifikasikan, dan melaporkan informasi operasional dan keuangan perusahaan, serta penyelidikan khusus masing-masing item termasuk pengujian detil terhadap transaksi, saldo, dan prosedur:
  • Pemeriksaan tingkat ekonomis, efisiensi, dan efektifitas aktifitas operasi perusahaan termasuk juga aktifitas perusahaan yang bersifat non-keuangan
  • Pemeriksaan kepatuhan perusahaan terhadap hukum, aturan, dan hal lainnya, serta kebijakan dan pengarahan manajemen,  serta ketentuan internal perusahaan lainnya.

 

290.196 Jasa audit internal meliputi pemberian bantuan kepada klien dalam melakukan aktifitas audit internal. Penentuan jasa audit internal bagi klien yakni membuat threat independensi seandainya firma menggunakan hasil kerja audit dalam audit eksternal selanjutnya. Melaksanakan aktifitas audit internal memungkinkan anggota firma untuk memikul tanggung jawab manajemen.  Jika anggota firma memikul tanggung jawab manajemen ketika melakukan jasa audit internal, threat yang dibuat akan begitu signifikan sehingga tidak ada perlindungan yang bisa mengurangi threat sampai pada tingkat yang dapat diterima, Sehingga, anggota firma tidak perlu memikul tanggung jawab manajemen ketika melakukan audit internal.

290.197 Contoh jasa audit internal dimana anggota firma memikul tanggung jawab manajemen meliputi :

a. menyusun kebijakan audit internal atau pengarahan strategis aktifitas audit internal;

b. Mengarahkan serta mengambil tanggung jawab atas  tindakan pegawai audit internal perusahaan

c. memutuskan rekomendasi hasil audit internal yang akan diimplementasikan

d.melaporkan hasil audit internal kepada yang memiliki kepentingan dalam pengelolaan perusahaan

e. Melaksanakan prosedur-prosedur pengendalian internal, seperti  memeriksa dan menyetujui perubahan hak khusus untuk mengakses data karyawan

f. Menerima tanggung jawab dalam merancang, melaksanakan, serta mengawasi pengendalian internal.

g. melakukan jasa audit internal outsourced,  berisikan seluruh atau bagian pokok fungsi audit internal, dimana firma bertanggungjawab atas penentuan luasnya pekerjaan audit internal kemungkinan memiliki tanggungjawab untuk satu atau lebih persoalan dalam catatan a – f

 

290.198 Guna menghindari pelimpahan tanggung jawab manajemen, firma hanya perlu melakukan jasa audit internal bagi klien jika yakin bahwa :

a. klien menunjuk seseorang yang kompeten dan tepat, terutama manajemen senior, untuk bertanggungjawab pada keseluruhan aktifitas audit internal dan untuk merancang, mengimplementasikan, serta mengawasi pengendalian internal

b. manajemen klien atau mereka yang bertugas memeriksa pengelolaan  perusahaan, menilai, dan menyetujui luas, resiko, dan frekuensi audit internal.

c. manajemen klien mengevaluasi kecukupan pelaksanaan audit internal dan penemuan hasil dari pelaksanaan audit.

d. manajemen klien mengevaluasi dan menentukan rekomendasi hasil audit internal yang akan dilaksanakan

e. manajemen klien melaporkan pada mereka yang bertanggung jawab dalam pengelolaan perusahaan penemuan dan rekomendasi hasil audit internal.

 

Ket : threat – sulit ditranslate. Jika diartikan sebagai ancaman kesannya jadi tidak nyambung

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s